Beranda NEWS Visi Nusantara Ekspos Hasil Polling Keterbukaan Informasi Publik

Visi Nusantara Ekspos Hasil Polling Keterbukaan Informasi Publik

VISI NUSANTARA Ekspos hasil polling. Memotret Keterbukaan Informasi Publik di Kabupaten Tangerang. Pada, Rabu (27/02), di Ardes Kafe, Tigaraksa.

Turut hadir sebagai narasumber, Ketua DPRD Tangerang Kholid Ismail, KIP Banten, Direktur Visi Nusantara Subandi Musbah, dan Wartawan Senior Wahyu Haryadi.

Hasil polling disampaikan oleh Wahyu, menyampaikan simpulan apa yang sudah dilakukan kurun waktu 18-22 Februari 2020. Ada semacam kebutuhan mendesak, berupa lahirnya perda keterbukaan informasi publik atau sebutan lain.

“Rata-rata, responden menghendaki terbentuk KIP Daerah Kabupaten Tangerang. Jumlahnya sekitar 92 persen. Untuk teknis, bisa melalui perda”, ujarnya.

Sementara itu, komisioner KI Banten menyampaikan data monev dari tahun 2013-2019. Kabupaten Tangerang menduduki urutan terbawah, tepatnya tahun 2014.

“Pada 2019 kemarin, soal keterbukaan informasi publik, Tangerang berada diposisi ke-7 dari delapan kota/kabupaten yang ada di Banten. Turun 2 peringkat dari 2018. Berada di posisi lima”, paparnya.

Perlu diketahui, polling dilakukan selama lima hari. Respondennya berasal dari berbagi kalangan. Mulai dari Masyarakat Umum, Pengurus LSM, OKP, Ormas, sampai jurnalis. Acara dipandu oleh pendongeng keliling Nusantara kang Budi Euy.

TERKINI